Integrity, Innovation, Collaboration, and Empowerment

Biro Psikologi Hijau Mengisi Parenting “Membersamai Remaja memasuki Masa Puber” di SD 2 Al Azhar Bandarlampung

Pada hari Sabtu, 24 Februari lalu, SD Al Azhar 2 Bandar Lampung mengundang Biro Psikologi Hijau untuk berkontribusi dalam acara “SEMINAR PARENTING DENGAN TEMA Peran Orangtua Dalam Membangun Karakter Anak di Usia Pubertas”. Kali kedua, Biro Psikologi Hijau diundang oleh SD 2 Al Azhar Bandar Lampung dalam kegiatan Parenting dan satu kehormatan untuk kami.

Dalam seminar tersebut dihadiri oleh 90 orang Wali siswa kelas 4, 5 dan 6 SD Al Azhar 2 Bandar Lampung, dibuka oleh Ketua komite dan Bapak H. Afdi Muslim Bin Muswardi Thaher selaku Ketua Yayasan SD Al Azhar Bandar Lampung.

Kegiatan ini bertujuan untuk, memberi informasi dan wadah diskusi kepada orang tua siswa agar lebih makmimal dalam membersamai putra putri dalam periode masa Puber.
masa Puber masa yang cukup singkat namun dipenuhi dengan tugas perkembangan yang cukup banyak sehingga dibutuhkan persiapan secara Fisik dan Psikis,

Ibu Lina Madila Amir, M.Psi, Psikolog sebagai Founder dari Biro Psikologi Hijau menjelaskan bahwa Masa Puber, dimulai pada usia 10 – 14 tahun pada anak perempuan ditandai dengan mulai tumbuhnya payudara dan menstruasi. Usia 1- 16 tahun pada anak laki laki ditandai dengan mimpi basah.
Dalam usia Puber yang di dalam islam disebut juga Akhil baligh haruslah seimbang kematangannya, baik secara Psikis dan Fisik sehingga diharapkan anak mampu menjalani dan melewati masa tersebut dengan baik.

Ketika melewati masa puber, peran ayah dan ibu sangat penting ,sosok ayah adalah orang yang paling tepat menjelaskan dan mendampingi anak laki lakinya dalam hal menjelaskan apa itu pubertas dan menjawab pertanyaan pertanyaan lain dari sang anak. Pun begitu peran ibu, sangat penting dalam membersamai anak perempuannya melewati masa ini, sosok ibulah yang paling penting untuk menjelaskan apa itu menstruasi dan menjaga diri karena ibu yang mengalami langsung begitu pula sosok ayah.

Selain itu hal yang tak kalah penting dalam membersamai anak selama masa pubertas adalah, orang tua harus menjelaskan dan menyediakan ruang diskusi untuk mengingatkan terus menerus nilai-nilai yang diyakini di dalam keluarga, memberi informasi kepada anak bagaimana kehidupan sebenarnya. Hal-hal yang perlu diajarkan dan ditekankan antara lain adalah:

  • Mengajari anak kepemimpinan, memimpin baik diri sendiri maupun orang lain;
  • Mengajari dan berdiskusi tentang pentingnya kemampuan bertahan hidup mandiri (basic life skills) dengan mengurus seluruh keperluan dasarnya (menyiapkan makanan, pakaian, mampu bepergian dengan aman, dan lain-lain).
  • orang tua juga perlu mengajari dan melatih anak untuk mencari nafkah dan merawat makhluk hidup. Meskipun baik laki-laki maupun perempuan perlu dilatih untuk mempelajari kedua hal ini, tetapi penitik beratan latihan mencari nafkah pada laki-laki dan merawat makhluk hidup pada perempuan; mampu fokus pada solusi, bukan hanya fokus pada masalah.

Kegiatan berlangsung selama 2,5 jam dan sangat seru dan meriah, peserta aktif bertanya dan berbagi, tim panitia yang sigap dan Kepala sekolah yang mampu mengkordinir terselenggaranya kegiatan ini.
Semoga dengan kegiatan ini, Biro Psikologi Hijau dapat berkontribusi dalam memberikan informasi kepada para wali siswa dalam hal ini orang tua siswa agar siap dan mampu membersamai anak anaknya melewati masa puber.

Pelaksana kegiatan Parenting ini merupakan Psikolog Pringsewu dari Biro Konsultasi Psikologi Hijau, yaitu Ibu Lina Madila Amir, M.Psi, Psikolog beserta anggota tim. Biro Konsultasi Psikologi Hijau Pringsewu berlokasi di Lucky Arya Residence 2 No. 18, Jl. Hos Cokroaminoto, Fajar Agung Barat, Kec. Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Lampung 35373, Indonesia. Lembaga ini menyediakan layanan konsultasi psikologi untuk membantu individu mengatasi berbagai masalah psikologis yang mereka hadapi. Bentuk layanan yang diberikan oleh lembaga ini berupa layanan konseling individu dan keluarga, coaching, konsultan SDM, Asesmen, rekruitmen, pendampingan kegiatan kemasyarakatan. Untuk dapat mengakses layanan Psikologis dari Psikolog Pringsewu ini, terlebih dahulu dapat membuat janji dengan menghubungi nomor WA, 0816-99-1981 pada jam kerja.


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply