Teknik Peer Editing dan Peer Feedback Dalam Menulis Narasi Teks Pada Mahasiswa Universitas PGRI Palembang

Yuniarti Yuniarti, Jumadi Walajro, Hamid Mukhlis

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan teknik Peer Editing dan Peer Feedback. Masalah dalam penelitian ini “Apakah ada perbedaan yang signifikan antara mereka yang diajar dengan PET dan PFT dan apakah efektif menggunakan PET dan PFT dalam menulis teks naratif?”. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode quasy-experimental. Sampel yang digunakan adalah total quota sampling. Sampel penelitian adalah dua kelas mahasiswa FKIP Universitas PGRI Palembang tahun akademik 2015/2016 dan 2016/2017 yang terdiri dari 100 mahasiswa. Untuk mengumpulkan data, penulis memberikan tes kepada kelompok eksperimen dan kontrol dan hasilnya diukur oleh para rater. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan uji-t sampel berpasangan untuk membandingkan rata-rata kedua variabel dalam satu kelompok dan uji-t Independen digunakan untuk membandingkan post-test antara kedua kelompok. Hasil uji-t sampel berpasangan pada kelompok eksperimen dan kontrol menunjukkan bahwa nilai P-value adalah 0,000. Pada taraf signifikansi p > 0,05 untuk uji dua sisi. Artinya, penggunaan teknik Peer Editing dan Peer Feedback dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks naratif.

References

Asih, NWR (2014). Pengajaran Penulisan Paragraf Deskriptif oleh Menggunakan Peer Mengedit ke Delapan Nilai Siswa SMP SWA Dharma di Tahun Ajaran 2013/2014. Fakultas Pelatihan Guru dan Pendidikan, Mahasaraswati Universitas Denpasar.

Coklat, HD (2007). Mengajar dengan Prinsip: Pendekatan Interaktif untuk Pedagogi (5 th Ed). Dataran Putih, NY: Longman.

Creswell, John W. 2012. Desain Penelitian ( Edisi ke -4 ). AS: SAGE Publications, Inc. Davis, D. 2005. Riset Bisnis untuk Pengambilan Keputusan. Australia, Thomson South-Western.

Dib. Mawlawi. Nurwar. (2018) Pengaruh Peer Versus Self-Editing pada Revisi Kesalahan Bahasa Siswa dalam Rancangan Revisi. P 85-95. www.ScienceDirect.com

Fraenkel, JR, Norman E. W. dan Helen HH (2012). Bagaimana Desain dan Penelitian Evaluasi dalam Pendidikan. New York: McGraw -Hill, Inc.

Nubia M.D. Peer Editing: Sumber Strategis dalam Proses Menulis Siswa EFL . 2010. Jurnal Linguistik Terapan Kolombia, 12/87.

Moore, Catherine. Teather, Susan. Melibatkan siswa dalam peer review: Umpan balik sebagai pembelajaran. Isu dalam Jurnal Penelitian Pendidikan. 23(2).

Mathew Vanscenkhol. Dan Mathew Houseworth. 2018. Evaluasi Sejawat dalam Pedagogi Pengalaman: Keadilan, Objektivitas, Perlindungan Pembalasan, Umpan Balik Konstruktif, dan Pembelajaran Pengalaman sebagai bagian dari Sejawat Penilaian. P

Nahdi, M. 2011. Meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan teknik peer editing terhadap mahasiswa semester tiga program penelitian jurusan Bahasa Inggris STKIP HAMZANWADI tahun pelajaran 2010/2011. Surakarta .

Oshima, A., dan Hogue, A. 2007. Pengantar Penulisan Akademik (Third Edisi). New York: Pearson Education, Inc.

politik, DF & Hungler, BP 1999. Prinsip dan Metode. Philadelphi: JB Lippicott .

Richards, JC, dan Schmidt, R. 2002. Kamus Pengajaran Bahasa dan Linguistik Terapan (3rd Ed). Edinburgh: Longman.

Authors

Yuniarti Yuniarti
juniarti@gmail.com (Primary Contact)
Jumadi Walajro
Hamid Mukhlis
Yuniarti, Y., Walajro, J., & Mukhlis, H. (2023). Teknik Peer Editing dan Peer Feedback Dalam Menulis Narasi Teks Pada Mahasiswa Universitas PGRI Palembang. Nusantara Journal of Behavioral and Social Science, 2(2), 35–40. https://doi.org/10.47679/202326

Article Details

Most read articles by the same author(s)