Assembling Online Learning untuk Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang

(1) * Afib Rulyansah Mail (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia)
(2) Jauharotur Rihlah Mail (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia)
(3) Rizqi Putri Nourma Budiarti Mail (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia)
(4) Emy Yunita Rahma Pratiwi Mail (Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Ketika pandemi Covid 19 muncul, guru sekolah dasar tidak memiliki keahlian yang diperlukan untuk menyusun pelajaran online. Ini mengilhami tingkat komitmen ini. Pelatihan bagi guru dalam keterampilan merakit online adalah tujuan dari layanan ini. Pelatihan dan seminar digunakan untuk menyediakan layanan ini. Guru dapat menggunakan layanan ini untuk mempelajari cara membuat pembelajaran online yang menarik dan menantang, serta cara mempostingnya di media sosial dan di LMS. Dalam kegiatan pengabdian ini, hampir 95 persen guru telah siap mengumpulkan materi dari media sosial dan LMS dengan cara yang mudah dan menarik.

Keywords


pendidikan; melalui internet

   

DOI

https://doi.org/10.47679/ib.2022240
      

Article metrics

10.47679/ib.2022240 Abstract views : 126 | PDF views : 92

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Ahmadi, F., Kom, S., Kom, M., & Ibda, H. (2021). Desain Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran Daring di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Qahar Publisher.

Ambarita, D. R., Rangkuti, D. A., Elisati, E., & Verawaty, V. (2021). Motivasi Internal, Motivasi Eksternal dan Kompensasi Terhadap Semangat Kerja Guru di SMA Free Methodist Medan. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 5(1), 140–146.

Fahmi, M. H. (2020). Komunikasi synchronous dan asynchronous dalam e-learning pada masa pandemic covid-19. Jurnal Nomosleca, 6(2).

Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu, M. A., Sudarso, A., Leuwol, N. V., Apriza, A., & Sahabuddin, A. A. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.

Irawan, E., Arif, S., Hakim, A. R., Fatmahanik, U., Fadly, W., Hadi, S., Pertiwi, F. N., Fauziah, H. N., Santoso, L., & Pahlevi, F. S. (2020). Pendidikan Tinggi Di Masa Pandemi: Transformasi, Adaptasi, dan Metamorfosis Menyongsong New Normal. Zahir Publishing.

Kusuma, D. A. (2020). Dampak penerapan pembelajaran daring terhadap kemandirian belajar (self-regulated learning) mahasiswa pada mata kuliah geometri selama pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 169–175.

Lidia Susanti, S. P. (2020). Strategi pembelajaran berbasis motivasi. Elex Media Komputindo.

Nurfatimah, N., Affandi, L. H., & Jiwandono, I. S. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa kelas Tinggi di SDN 07 Sila pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 145–154.

Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285–312.

Setiaji, B., & Dinata, P. A. C. (2020). Analisis kesiapan mahasiswa jurusan pendidikan fisika menggunakan e-learning dalam situasi pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(1), 59–70.

Sofiyana, M. S., Ahdiyat, M., Iskandar, A. M., Hairunisya, N., Usriyah, L., Dwiantara, L., Ariani, B., Izzati, F. A., Muryani, E., & Gunawan, B. P. (2021). PANCASILA, Merdeka Belajar dan Kemerdekaan Pendidik. Unisma Press.

Susanta, A., Susanto, E., & Rusdi, R. (2021). Pelatihan pembuatan alat peraga matematika kreatif berbahan kertas bekas untuk Guru MI Humairah Kota Bengkulu. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 19(1), 1–12.

Yoshi, A. (2021). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penerapan Pembelajaran Daring Google Classroom Melalui Kegiatan Pelatihan dan Bimbingan (LATBIM) di SMPN 2 Talang Muandau. Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual Dan Edukatif, 6(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Afib Rulyansah, Jauharotur Rihlah, Rizqi Putri Nourma Budiarti, Emy Yunita Rahma Pratiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesia Berdaya Published By 
Utan Kayu Publishing
 
Lucky Arya Residence 2 No.18.
Jalan HOS. Cokroaminoto Kabupaten Pringsewu
Lampung-Indonesia 35373
 
Email: jiberdaya@gmail.com