Pentingnya pengembangan soft skills generasi milenial dalam menghadapi tantangan pasca pandemi covid-19

(1) * Fathul Hamdani Mail (Komunitas Bale Aksara, Indonesia)
(2) Ana Fauzia Mail (Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia)
(3) L. Azwar Efendi Mail (Universitas Nahdlatul Ulama NTB, Indonesia)
(4) Sesi Safitri Liani Mail (Universitas Mataram, Indonesia)
(5) Melsanna Togatorop Mail (Universitas Mataram, Indonesia)
(6) Risky Wulan Ramadhani Mail (Universitas Mataram, Indonesia)
(7) Yunita Yunita Mail (Universitas Mataram, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Diantara budaya generasi masyarakat global, salah satu hal yang patut disoroti adalah persaingan antar individu. Sehingga dalam kondisi demikian, setiap individu terutama generasi milenial harus mampu mengikuti perkembangan yang ada, yakni dengan mengembangkan kemampuan soft skills. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui pentingnya pengembangan soft skills bagi generasi milenial, serta upaya yang bisa dilakukan untuk mengembangkan soft skills di era pandemi Covid-19. Dalam penulisan artikel ini Kami mengaplikasikan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan konseptual. Hasil penelitian mengetengahkan bahwa usia sekolah atau usia muda (milenial) merupakan usia-usia produktif, sehingga banyak hal yang harus diraih untuk mempersiapkan diri baik ketika sudah lulus dari bangku sekolah atau ketika menginjak usia kuliah. Salah satunya yakni berkaitan dengan kemampuan soft skills. Apabila sejak usia sekolah kita sudah belajar dan terbiasa melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan soft skills, maka paling tidak ketika lulus, dan ingin mencari pekerjaan maupun melanjutkan ke jenjang studi yang lebih tinggi, kita sudah memiliki bekal yang cukup dalam hal soft skills. Adapun beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengembangkan kemampuan soft skills diantaranya adalah: 1. Banyak membaca; 2. Belajar menulis; 3. Perbanyak menonton video yang dapat meningkatkan kemampuan soft skills; dan 4. Manfaatkan gadget sebagai media pembelajaran, dan lainnya.

Keywords


Generasi Milenial; Pandemi Covid-19; Pengembangan Soft Skills

   

DOI

https://doi.org/10.47679/ib.2022245
      

Article metrics

10.47679/ib.2022245 Abstract views : 1326 | PDF views : 1980

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Andreas. (2022). Countries with the Highest Literacy Rate. Diakses dari https://www.mappr.co/countries-literacy-rate/.

Astuti, A. P., & Nurmalita, A. (2014). Tekonologi Komunikasi dan Perilaku Remaja. Jurnal Analisa Sosiologi.

Binus.ac.id. (2021). Mengenal Lebih Jauh tentang Society 5.0. Diakses dari https://onlinelearning.binus.ac.id/2021/04/19/mengenal-lebih-jauh-tentang-society-5-0/.

Compas.com. amp-kompas-com.cdn.ampproject.org.

Elfindri, dkk. 2011. Soft Skills untuk Pendidik. Baduose Media. Jakarta.

Fahri, Abd. Jalil, dan Sri, Kasnelly. (2019). Meningkatnya Angka Pengangguran di Tengah Pandemi Covid-19. Al-Mizan: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(2).

Firdaus, I. (2017). Urgensi Soft Skills dan Character Building Bagi Mahasiswa. Jurnal TAPIs, 14(1).

Henny, L. 2020. Metoda Pembelajaran Soft Skills. Lembaga Pengembangan Pendidikan & Penjaminan Mutu, Universitas Andalas. Padang.

Irvine, J. (2017). A Comparison of Revised Bloom and Marzano's New Taxonomy of Learning. Research in Higher Education Journal, 33.

Islami, F. A. (2012). Analisis Pengaruh Hard Skill, Soft Skill, dan Motivasi terhadap kinerja Tenaga Penjualan (Studi Pada Tenaga Kerja Penjualan PT. BUMI PUTERA Wilayah Semarang). Skripsi, Fakultas Ekonomi ka dan Bisnis, Universitas Diponegoro, Semarang.

Kattsoff, T. A., et al. (2022). Konsep pengaturan pemberlakuan karantina wilayah (lockdown) saat Covid-19 meningkat di Indonesia. Jurnal Indonesia Berdaya, 3(1).

Mu’in, F. 2011. Pendidikan Karakter, Konstruksi Teoretik dan Praktik. Ar-Ruzz Media. Jogjakarta.

Mulyono, I. 2011. Dari Karya Tulis Ilmiah Sampai Dengan Soft Skills. YRAMA WIDYA. Bandung.

Nadella, et al. (2020). Pengembangan Kompetensi di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 4(1).

Purwanto, A., et al. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal of Education, 2(1).

Rusdianto, et al. (2022). Diskursus hukum: Analisis tanggung jawab negara dalam menanggulangi peningkatan kasus covid-19 melalui penerapan karantina wilayah/lockdown. Jurnal Indonesia Berdaya, 3(1).

Sailah, I. 2008. Pengembangan Soft Skills di Perguruan Tinggi. Direktorat Jendral Perguruan Tinggi. Jakarta.

Sinarwati, N. K. (2014). Apakah Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Mampu Meningkatkan Soft Skills dan Hard Skills Mahasiswa?. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Jumanika, 3(2).

Sorta, T. (2020). Lima Soft Skill yang Wajib Dimiliki Pencari Kerja di Masa Pandemi. Diakses dari https://katadata.co.id/sortatobing/berita/5f1ef0c309a3b/lima-soft-skill-yang-wajib-dimiliki-pencari-kerja-di-masa-pandemi.

Tilaar, H. A. R. 2009. Kekuasaandan Pendidikan: Kajian Menejemen Pendidikan Nasional dalam Pusaran Kekuasaan. Rinika Cipta. Jakarta.

Tim CNN Indonesia. (2020). 10 Pekerjaan yang Laku di Masa Pandemi Corona. Diakses dari https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200702112635-284-519969/10-pekerjaan-yang-laku-di-masa-pandemi-corona.

Uptown. (2020). Ini Dia 7 Skill yang Harus Dimiliki Setiap Karyawan Setelah Pandemi. Diakses dari https://uptown.id/id/2020/06/18/ini-dia-7-skill-yang-harus-dimiliki-setiap-karyawan-setelah-pandemi/.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fathul Hamdani, Ana Fauzia, L. Azwar Efendi, Sesi Safitri Liani, Melsanna Togatorop, Risky Wulan Ramadhani, Yunita Yunita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesia Berdaya Published By 
Utan Kayu Publishing
 
Lucky Arya Residence 2 No.18.
Jalan HOS. Cokroaminoto Kabupaten Pringsewu
Lampung-Indonesia 35373
 
Email: jiberdaya@gmail.com