Pendampingan Pembuatan Media Ajar Matematika: Pemberdayaan Guru Sekolah Dasar

(1) Jauharotur Rihlah Mail (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia)
(2) * Afib Rulyansah Mail (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia)
(3) Rizqi Putri Nourma Budiarti Mail (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Standar kompetensi guru digunakan untuk menetapkan seberapa banyak pengetahuan dan keterampilan yang harus dimiliki guru untuk menyelenggarakan dan mengelola pembelajaran di sekolah secara efektif. Program pelatihan di tempat kerja dapat membantu guru meningkatkan keterampilan mereka. Kemampuan seorang guru untuk menguasai materi pelajaran dan menggunakan alat peraga secara efektif adalah salah satu aset mereka yang paling berharga. Penggunaan konten pendidikan yang inovatif dalam bentuk alat peraga matematika sangat penting untuk membuat matematika dasar lebih menarik. Mengingat sifat matematika yang abstrak dan perkembangan kognitif anak sekolah dasar, maka alat peraga menjadi penting dalam pembelajaran matematika SDN 1 Rowokangkung Kabupaten Lumajang, sebagian besar pendidikan matematika dasar didasarkan pada buku teks, dengan pemanfaatan alat pengajaran matematika yang sangat sedikit, hal ini disebabkan oleh kurangnya sumber daya dan kurangnya daya cipta dari pihak pendidik dalam mengembangkan sumber daya pengajaran baru untuk matematika. Oleh karena itu, guru di SDN 1 Rowokangkung Kabupaten Lumajang membutuhkan pendampingan cara membuat dan mengaplikasikan alat peraga matematika. dan penggunaan alat peraga matematika akan ditingkatkan sebagai hasil dari proyek sukarela ini. Pendahuluan, sosialisasi dan audiens, pelatihan, dan penilaian adalah semua langkah dari teknik pelaksanaan pelatihan. Setelah menyelesaikan tugas ini, peserta akan mendapatkan lebih banyak informasi dan kemampuan yang mereka miliki dapat digunakan untuk pembuatan dan penggunaan matematika te pereda nyeri untuk siswa sekolah dasar.

Keywords


Pelatihan; Media Pembelajaran Guru Matematika; Pendidikan Tingkat Dasar

   

DOI

https://doi.org/10.47679/ib.2022254
      

Article metrics

10.47679/ib.2022254 Abstract views : 120 | PDF views : 168

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Arwada, P. (2021). Perancangan Learning Management System Pada Smp Negeri 56 Bandung. Universitas Komputer Indonesia.

Bahri, S. Y. (2022). Analisis Analisis Perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM) Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sma Muhammadiyah Selong. MAMEN: Jurnal Manajemen, 1(1), 79–90.

Dahlan, M., Arafat, Y., & Eddy, S. (2020). Pengaruh Budaya Sekolah dan Diklat terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 218–225.

Deda, Y. N., Disnawati, H., & Missa, A. (2022). PENGGUNAAN ALAT PERAGA MATEMATIKA “KUBUS-KUBUS SATUAN” UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU SEKOLAH DASAR. Bakti Cendana, 5(1), 33–39.

Heru, H., & Yuliani, R. E. (2020). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Metode Blended Learning bagi Guru SMP/MTs Muhammadiyah Palembang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 35–44.

Irdiyanti, D. T. (2021). Peran Supervisi Akademik dan Budaya Sekolah Terhadap Kualitas Pengajaran Guru SMK di Klaten. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(6), 22–32.

Kencono, D. S., & Winarsih, A. S. (2021). Pemanfaatan Barang Bekas sebagai Alat Peraga Edukasi Ramah Lingkungan Sekolah PAUD di Kota Yogyakarta. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 291–297.

Mujizatullah, M. (2021). Inovasi Pembelajaran Moderasi Beragama Melalui Media Kreatif pada Sekolah Umum/Madrasah di Kabupaten Bone. PUSAKA, 9(2), 231–250.

Prasetyo, W. D. (2019). KOMPETENSI GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DITINJAU DARI AJARAN TRILOGI KEPEMIMPINAN.

Prastania, M. S., & Sanoto, H. (2021). Korelasi antara Supervisi Akademik dengan Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 861–868.

Rohartati, S. (2022). ANALISIS DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 249–258.

Subarinah, S. S., Hapipi, H., Azmi, S., Triutami, T. W., & Kurniawan, E. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA KOPERMATIK BAGI GURU SEKOLAH DASAR GUGUS I SEKARBELA. Jurnal PEPADU, 2(3), 304–310.

Turmuzi, M., Arjudin, A., & Suryadi, R. (2021). PEMANFAATAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN NARMADA. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(3), 949–963.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jauharotur Rihlah, Afib Rulyansah, Rizqi Putri Nourma Budiarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesia Berdaya Published By 
Utan Kayu Publishing
 
Lucky Arya Residence 2 No.18.
Jalan HOS. Cokroaminoto Kabupaten Pringsewu
Lampung-Indonesia 35373
 
Email: jiberdaya@gmail.com