Congklak Bilangan: Sebuah Program Pemberdayaan Guru Sekolah Dasar

(1) Rizqi Putri Nourma Budiarti Mail (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia)
(2) * Afib Rulyansah Mail (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia)
(3) Rachma Rizqina Mardhotillah Mail (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia)
(4) Jauharotur Rihlah Mail (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia)
(5) Surnia Maulidah Azzahra Mail (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Congklak Bilangan (COGAN) digunakan untuk mengajar siswa tentang FPB dan KPK dalam proyek pengabdian masyarakat. Selain itu, melalui program ini juga dilakukan upaya untuk mengamankan masa depan kedua permainan klasik Congklak tersebut. Siswa kelas 4 akan mengikuti kegiatan ini. Istilah "pelatihan" dan "pendampingan" mengacu pada penggunaan pendekatan pembelajaran aktif oleh peserta program. Topik FPB dan KPK diajarkan dalam rangkaian kuliah, dilanjutkan dengan video tentang congklak, pembuatan COGAN, dan penggunaannya dalam pembelajaran mata pelajaran tersebut. Akhirnya dilakukan evaluasi. Desain COGAN ditemukan menarik oleh 84,6 persen siswa dan menyenangkan untuk dipelajari oleh 88 persen siswa dalam hasil survei pasca pelatihan. Sebuah alternatif untuk konsep FPB dan KPK dalam matematika disediakan oleh temuan ini.

Keywords


nomor congklak; materi pedagogis; permainan tradisional

   

DOI

https://doi.org/10.47679/ib.2022307
      

Article metrics

10.47679/ib.2022307 Abstract views : 290 | PDF views : 302

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Adzkiya, D. S., & Suryaman, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Google Site dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 20–31.

Agustika, K. N. (2021). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Maze Angka Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Kelompok B di TK Dharma Wanita Kedungwilut.

Aledya, V. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa. May, 0–7.

Alwasilah, A. C. (2022). Pokoknya action research. Kiblat Buku Utama.

Amin, M. A. S. (2022). Peran Guru Dalam Pengembangan Keterampilan Sosial Siswa di SDN 1 Jatipamor. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 195–202.

Ang, K. C. S., Afzal, F., & Crawford, L. H. (2021). Transitioning from passive to active learning: Preparing future project leaders. Project Leadership and Society, 2, 100016.

Atika, I., Sesanti, N. R., & Suastika, I. K. (2021). Pengembangan Media Game Choose Fruits Pada Materi Faktor Persekutuan Terbesar dan Kelipatan Persekutuan Terkecil Siswa Kelas IV SD. Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 5(1), 517–526.

Dewi, W. P., Ramadhiani, D. A., Mukarromah, K., Rahayu, M., & Aeni, A. N. (2022). Efektifitas Pelaksanaan Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19 Berdasarkan Perspektif Guru. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 82–93.

Enstein, J., Bulu, V. R., & Nahak, R. L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Bilangan Pangkat dan Akar menggunakan Genially. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(01), 101–109.

Febrina, F., Fauzan, A., Jamaan, E. Z., & Arnelis, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Terintegrasi Etnomatematika Permainan Congklak Materi Operasi Hitung Pada Peserta Didik Kelas II SD/MI. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 10(1), 157–163.

Ghufron, S., Rulyansah, A., Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2022). Strategi Guru Membantu Siswa dalam Melakukan Penyesuaian Sikap: Studi pada Siswa Tahun Pertama Sekolah Dasar Pedesaan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3524–3536.

Guimarães, L. M., & Lima, R. da S. (2021). Active learning application in engineering education: effect on student performance using repeated measures experimental design. European Journal of Engineering Education, 46(5), 813–833.

Hadriany, E., Kurniati, Q., Thifa, L., & Ramadhani, P. (2021). Pembentukan Pemahaman Karakter Kejujuran Melalui Permainan Tradisional di RA. Amanah Kecamatan Medan Marelan. AUD Cendekia, 1(2), 95–105.

Hasan, M., Fahmi, A. I., Siregar, N., Musyadad, V. F., Sakirman, S., Subakti, H., & Walukow, D. S. (2021). Pengelolaan Lingkungan Belajar. Yayasan Kita Menulis.

Hasibuan, A. R. (2021). Pengaruh strategi berhitung (different strategies) terhadap penalaran logis matematika siswa di kelas VIII MTs S Al Amin Mompang Kabupaten Padang Lawas. IAIN Padangsidimpuan.

Hatta, M. (2021). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Berbasis Model. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 2(1), 1–15.

Hayati, S. N., & Hibana, H. (2021). Reaktualisasi Permainan Tradisional untuk Pengembangan Kreativitas Anak. Jurnal Pelita PAUD, 5(2), 298–309.

Irwansyah, N. U. R., & Fransori, A. (2021). Penerapan Nilai-Nilai Karakter Bangsa dalam Permainan Tradisional di Wilayah Kelurahan Meruyung Depok. COMMUNITY: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 89–99.

Islahati, H. Z., Kusdayati, R. T., & Saluky, S. (2021). Implementasi Bilangan Bulat pada Permainan Tradisional Congklak. Nurjati Journal of Mathematics and Mathematical Sciences (NJMMS), 1(2).

LIZA, V. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Blok untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Materi Pecahan Siswa Kelas V SDN 1 Gondang Tahun Ajaran 202/2022. Universitas_Muhammadiyah_Mataram.

Maharani, D. (2022). Implementasi Permainan Tradisional Engklek Jump Number Untuk Menstimulus Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di TK Bina Putra Mojopurno. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Mahmudah, I. (2021). Pengaruh Penerapan Metode Permainan Dakon/Congklak Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD Negeri 23 Palembang. Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang.

Marpaung, D. D. R., Putri, N. R., Manurung, J., Laga, E. A., Fitriani, F., Hairuddin, K., Romas, A. N., Sinaga, J., Tanjung, R., & Sinaga, T. R. (2022). Dasar-Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Yayasan Kita Menulis.

Matulessy, A., & Muhid, A. (2022). Efektivitas permainan tradisional congklak untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa: literature review. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(1), 165–178.

Murtiningsih, S. (2021). Filsafat Pendidikan Video Games: Kajian Tentang Struktur Realitas dan Hiperealitas Permainan Digital. UGM PRESS.

Nisa, R. F. (2021). Analisis Al-Bai’dan Fatwa Dsn Mui Nomor 110/Dsn-Mui/Ix/2017 terhadap Transaksi Chip dalam game online Higgs Domino Island di Desa Padangbandung Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Priatama, Y. (2021). Pembelajaran Materi Statistika Menggunakan Permainan Tradisional Congklak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10762–10768.

Ramadhani, Y. R., Subakti, H., Masri, S., Brata, D. P. N., Salamun, S., Walukow, D. S., Haeruman, L. D., Sianipar, L. K., Sanjaya, L. A., & Fidhyallah, N. F. (2022). Pengantar Strategi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Ramadhani, Y. R., Tanjung, R., Saputro, A. N. C., Utami, N. R., Purba, P. B., Purba, S., Kato, I., Gumelar, G. R., Cecep, H., & Darmawati, D. (2021). Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Riadi, F. S., & Lestari, T. (2021). Efektivitas Permainan Tradisional pada Perkembangan Sosial Siswa Sekolah Dasar di Era Digital. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 6(2), 122–129.

Risdoyok, R., & Aprison, W. (2021). Kerjasama guru pai dan orang tua dalam menghadapi pembelajaran selama covid-19. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2319–2335.

Rulyansah, A. (2021). Integrasi Realistic Mathematics Education dan Multiple Intelligences pada Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(1), 45–54.

Rulyansah, A. (2022). Pelatihan Pengembangan Soal HOTS dengan Memanfaatkan Quizizz untuk Guru Sekolah Dasar Pedesaan. Indonesia Berdaya, 3(1), 165–172.

Rulyansah, A., Asmarani, R., & Mariati, P. (2022). Peningkatan Creative Thinking melalui Creative Problem-Solving Berorientasi Multiple Intelligence: Kajian pada Bidang Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 109–115.

Rulyansah, A., Asmarani, R., Mariati, P., & Rahmawati, N. D. (2022). Kemampuan Guru Junior dalam Mengajarkan Proses Berpikir untuk Menyelesaikan Soal Cerita Sederhana: Studi pada Guru Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 203–213.

Rulyansah, A., & Hasanah, U. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Tematik berdasarkan Brain based Learning. Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 40–57.

Rulyansah, A., & Hayukasari, D. N. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Role Playing berwawasan Kecerdasan Interpersonal pada Siswa Kelas II Semester Ganjil di SDN Ambulu I Sumberasih - Probolinggo Tahun Pelajaran 2017/2018. Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 84–91.

Rulyansah, A., & Sholihati, M. (2018). Pengembangan Modul Berbasis Kecakapan Hidup pada Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(2), 194–211.

Rulyansah, A., Wardana, L. A., & Hasanah, I. U. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up dengan Menggunakan Model STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Materi Lingkungan Sekitar Kelas III SDI Darul Hidayah. Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 53–59.

Rulyansah, A., Wardana, L. A., & Sari, I. N. (2018). Idealisasi Ideologi Pancasila untuk Pencegahan Radikalisme melalui Aktivitas Bela Negara pada PK2MABA Universitas Panca Marga. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1680–1687.

Sabrina, L. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Fisika Berbasis STEM Sebagai Media Alternatif Pembelajaran Online di Sma Negeri 8 Medan. Unimed.

Safitri, T., Affandi, L. H., & Zain, M. I. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Permainan Tradisional Suku Sasak di Desa Babussalam Gerung Lombok Barat. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 3(1), 63–76.

Sari, D. C., Apino, E., Setiawan, A., Hamid, A., & Rulyansah, A. (2022). The Economic In International Islamic Education Strategy Collaboration: A Rapid Review. International Conference On Social, Economics, Business, And Education (Icsebe 2021), 25–28.

Sari, D. C., Setiawan, A., Shiozaki, Y., Rajab, K., Yasid, A., Sham, F. M. D., bin Ali, A. H., Harun, M., Dorloh, S., & Yuldashev, A. A. (2021). The Internationalization Dynamics of Character Based Education Pandemic. Tamansiswa International Journal in Education and Science, 3(1), 1–8.

Sari, S. P., & Yustiana, Y. R. (2022). Bimbingan dan Konseling Bermain dengan Pendekatan Cognitive Behavioral untuk Mengembangkan Resiliensi Mahasiswa. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(1), 113–120.

Setiadi, A. (2021). Aplikasi Game Android Edukasi Kepahlawan Sultan Hasanuddin. Universitas Hasanuddin.

Setiawan, H. R., & Abrianto, D. (2021). Menjadi Pendidik Profesional (Vol. 1). umsu press.

Shoffa, S., Holisin, I., Palandi, J. F., Cacik, S., Indriyani, D., Supriyanto, E. E., IP, S., Basith, A., Giap, Y. C., & Kom, S. (2021). Perkembangan media pembelajaran di perguruan tinggi. Agrapana Media.

Sohilait, E. (2021). Desain Pembelajaran Matematika dengan Konteks Permainan Kuli Bia pada Materi Faktor Persekutuan Terbesar dan Kelipatan Persekutuan Terkecil.

Susanto, A. (2021). Pendidikan anak usia dini: Konsep dan teori. Bumi Aksara.

Tassudiatmika, I. M. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Melaksanakan Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Klinik di SD Negeri 1 Batumadeg Tahun Pelajaran 2017/2018. Daiwi Widya, 8(2), 79–91.

Wardana, L. A., & Rulyansah, A. (2019). Pengembangan Model Ruang Kelas Berbasis Tematik di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 28(2), 125–134. https://doi.org/10.17977/um009v28i22019p125

Yuliana, I. (2022). Penggunaan Media Permainan Congklak dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan pada Siswa Kelas 1 di SD Negeri Bujur Timur 3 Pamekasan. Institut Agama Islam Negeri Madura.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rizqi Putri Nourma Budiarti, Afib Rulyansah, Rachma Rizqina Mardhotillah, Jauharotur Rihlah, Surnia Maulidah Azzahra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesia Berdaya Published By 
Utan Kayu Publishing
 
Lucky Arya Residence 2 No.18.
Jalan HOS. Cokroaminoto Kabupaten Pringsewu
Lampung-Indonesia 35373
 
Email: jiberdaya@gmail.com