Etika Tijarah Islami Pedagang Sembako di Pasar Tradisional Sengkol Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah

(1) * Kurni Kurni Mail (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram, Indonesia)
(2) H. Busaini Mail (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram, Indonesia)
(3) Akhmad Jufri Mail (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Etika Tijarah Islam memposisikan bisnis sebagai usaha manusia untuk mencari ridha Allah SWT. Etika Tijarah islam terdiri dari seperangkat nilai, aturan-aturan maupun tata cara yang dijadikan pedoman dalam berbisnis sehingga aktivitas bisnis yang di lakukan tidak menyimpang dari ajaran islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik bisnis islami pada pedagang sembako di pasar Tradisional Sengkol Kecamatan Pujut Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentas. Penentuan informan dalam penelitian ini mengguanakan purposive sampling. Adapun metode yang keabsahan data yang digunakan adalah metode triangulasi.Beradasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa pedagang di PasarTradisional Sengkol Kecamatan Pujut Lombok Tengah telah menerapkan etika bisnis islam dalam setiap proses transaksi jual beli yang meliputi Siddiq, Amanah, Tabligh dan Fathanah.

Keywords


Etika; Tijarah; Pedagang

   

DOI

https://doi.org/10.47679/ib.2023471
      

Article metrics

10.47679/ib.2023471 Abstract views : 190 | PDF views : 138

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Al-Qur’an Terjemahan Departemen Agama RI.

Aliyah. (2017). Pemahaman Konseptual Pasar Tradisional di Perkotaan. Jurnal Cakra Wisata, 18(2).

Ambok, P. (2019). Tinjauan Etika Bisnis Islam dalam Penggunaan Timbangan Sembako Dalam Jual Beli (Studi Kasus di pasar Mendahara Ilir, Tanjabtim). IJIEB: Indonesian Journal of Islamic Economics and Business, 4(1).

Aprizal, Z. (2021). Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Ppedagang Sembako di Pasar Desa Pulau Palas. Skrpisi, Sekolah Tinggi Agama Islam Auliaurrasyidin Tembilahan Riau.

Djakfar, M. 2012. Etika Bisnis: Menagkap Spirit Ajaran Langit dan Pesan Moral Ajaran Bumi. Penebar Swadaya. Jakarta.

Faidah, R. d. (2020). Survival of Traditional Retailers: An Islamic Business Perspective. Al-Uqud: Journal of Islamic Economics.

Faidathur, R. 2017. Marketing hebat ala Rasulullah SAW. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. Solo.

Faizah, N. (2020). Strategi Pengembangan Pasar Tradisional Dalam Meningkatan Kepuasan Pedagang Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Pasar Bambu Kuning Bandar Lampung). Skrpisi, Universitas Negeri Raden Intan.

Ferlina, V. (2018). Analisis Pengaruh Revitalisasi Pengaruh Pasar Tradisional Terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Pasar Tugu Bandar Lampung). Skrpisi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Geubrina, M. D. (2019). Analisis Persaingan Pasar Tradisional dan Pasar Modern Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Perbamdingan Antara Pasar Tradisional Peunayong Dengan Suzuya Mall). Skrpisi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

H. Fakhry, Z., dan Arafik, H. 2020. Etika Bisnis Islam: Seni Berbisnis Islam. CV Budi Utama. Yogyakarta.

Hakim, L. 2012. Prinsip-prinsip Ekonomi Islam. Penerbit Erlangga. Surakarta.

Hamdani, F., Fauzia, A., & Putro, W. D. 2022. A Value of Awareness (Petuah untuk Anak Muda di Abad ke-21). Penerbit Samudra Biru. Yogyakarta.

Rivai, V. 2012. Islamic Marketing Management: Mengembangkan Bisnis dengan Hijrah ke Pemasaran Islami Mengikuti Pemasaran Praktik Rasulullah saw. Bumi Aksara. Jakarta.

Susanti, I., Amanah, L., Asri, A., Safiqa, D., Abdussalam, N., Munir, R. A., Yulianingsih, T., Rifqiya, U. R., Wulandari, E., Albab, A. U., Sari, D. M., Hamdani, F., Sabat, Y. A., Anggraini, R., & Zakki, M. 2021. Memoar Revolusi. CV. Pelita Aksara Gemilang. Sukoharjo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Kurni Kurni, H. Busaini, Akhmad Jufri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesia Berdaya Published By 
Utan Kayu Publishing
 
Lucky Arya Residence 2 No.18.
Jalan HOS. Cokroaminoto Kabupaten Pringsewu
Lampung-Indonesia 35373
 
Email: jiberdaya@gmail.com