Pengabdian Masyarakat Peduli Kesehatan Reproduksi Perempuan Di Rumah Sakit Unipdu Medika Jombang

(1) * Masruroh Masruroh Mail (Program Studi DIII Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Unipdu Jombang, Indonesia)
(2) Sabrina Dwi P Mail (Program Studi DIII Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Unipdu Jombang, Indonesia)
(3) Ninik Azizah Mail (Program Studi DIII Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Unipdu Jombang, Indonesia)
(4) Siti Muniroh Mail (Program Studi DIII Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Unipdu Jombang, Indonesia)
(5) Vivin Eka R Mail (Program Studi DIII Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Unipdu Jombang, Indonesia)
(6) Diah Ayu Fatmawati Mail (Progam Studi Ners Fakultas Ilmu Kesehatan Unipdu Jombang, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Kesehatan reproduksi merupakan suatu kondisi kesejahteraan fisik, emosional, mental dan sosial yang utuh berhubungan dengan reproduksi, bukan hanya bebas dari penyakit atau kecacatan namun segala aspek yang berhubungan dengan sistem reproduksi, fungsi serta prosesnya. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang sebagai bagian dari institusi memiliki kepedulian terhadap masalah kesehatan reproduksi perempuan. Sehingga, melakukan kegiatan dalam bentuk pengabdian masayarakat. Tujuannya adalah memberikan kepedulian kesehatan reproduksi perempuan dan mewujudkan kesehatan reproduksi perempuan sejak dini, menyiapkan generasi yang berkualitas melalui kesehatan Ibu dan ketercapaian pembelajaran diluar kampus bagi Dosen dan mahasiswa. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 3 dan 18 Agustus 2022 meliputi pelayanan antenatal care dan skrining faktor risiko usia reproduksi. Kegiatan ini dilakukan oleh Dosen FIK, mahasiswa dan kerja sama dengan RSUM. Kegiatan dilakukan dimulai dengan wawancara tentang identitas, keluhan utama dan pemeriksaan fisik.  Jumlah peserta yang hadir 142 orang dengan 108 hamil, 15 tentang infertilitas dan 19 tentang pelayanan KB. Selain itu, peserta juga diberikan edukasi, informasi dan konseling tentang kesehatan reproduksi. Kegiatan berjalan lancar atas kerja sama, dukungan dan kerja tim dari civitas akademika FIK Unipdu dengan tim RSUM Jombang.

Keywords


Kesehatan; Pengabdian Masyarakat; Perempuan; Reproduksi

   

DOI

https://doi.org/10.47679/ib.2023492
      

Article metrics

10.47679/ib.2023492 Abstract views : 183 | PDF views : 149

   

Cite

   

Full Text

Download

References


[Bappenas], Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. 2020. “Presidential Decree No. 18 Year 2020.” National Mid-Term Development Plan 2020-2024: 313. https://www.bappenas.go.id/id/data-dan...dan.../rpjmn-2015-2019/.

Emilia, Ova, and Yayi Suryo Prabandari. 2019. Promosi Kesehatan Dalam Lingkup Kesehatan Reproduksi. UGM PRESS.

Ermiati, Ermiati. 2018. “Upaya Promosi Dan Prevensi Kesehatan Reproduksi Wanita Oleh Petugas Kesehatan.” Idea Nursing Journal 9(1).

Kemenkes, R I. 2016. “Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit.” Kementerian Kesehatan Republik Indonesia: Jakarta.

Kemenkes, R I. 2018. “Hasil Utama RISKESDAS 2018.” Jakarta: Kemenkes RI.

Kemenkes, R I. 2020. “Panduan Pelayanan Keluarga Berencana Dan Kesehatan Reproduksi Dalam Situasi Pandemi COVID-19.” kemenkes RI: 5.

Kemenkes, R I. 2022. Turunkan Angka Kematian Ibu Dengan Deteksi Dini Dan Pemeriksaan USG Di Puskesmas. Jakarta, Indonesia.

Masruroh et al. 2021. “Neonatal Death Incidence in Healthcare Facility in Indonesia: Does Antenatal Care Matter?” Indian Journal of Forensic Medicine and Toxicology 15(1): 1265–71.

Organization, World Health. 2016. WHO Recommendations on Antenatal Care for a Positive Pregnancy Experience. World Health Organization.

Samaria, Dora et al. 2022. Keperawatan Maternitas Kontemporer. Yayasan Kita Menulis.

Situmorang, Augustina. 2016. “Pelayanan Kesehatan Reproduksi Remaja Di Puskesmas: Isu Dan Tantangan.” Jurnal Kependudukan Indonesia 6(2): 21–32.

World Health Organization. 2023. Infertility. Available at https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/infertility. Diakses 20 Januari 2023.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Masruroh Masruroh, Sabrina Dwi P, Ninik Azizah, Siti Muniroh, Vivin Eka R, Diah Ayu Fatmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesia Berdaya Published By 
Utan Kayu Publishing
 
Lucky Arya Residence 2 No.18.
Jalan HOS. Cokroaminoto Kabupaten Pringsewu
Lampung-Indonesia 35373
 
Email: jiberdaya@gmail.com