Penyuluhan Pemanfaatan Air Bersih dan Sosialisasi Bimbingan Teknis Pengolahan Air Bersih dengan Metode Aerasi-Filtrasi untuk Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat

(1) La Aba Mail (Jurusan Fisika FMIPA, Universitas Halu Oleo, Indonesia)
(2) Mulidin Mulidin Mail (Jurusan Oseanografi FPIK, Universitas Halu oleo, Indonesia)
(3) La Ode Muhammad Sety Mail (Jurusan Kesehatan Masyarakat FKM, Indonesia)
(4) * Nani Yuniar Mail (Jurusan Kesehatan Masyarakat FKM Universitas Halu Oleo, Indonesia)
(5) La Ode Sahidin Mail (Jurusan Teknik Geofisika FITK Universitas Halu Oleo, Indonesia)
(6) La Ode Andimbara Mail (Jurusan Teknik Geofisika FITK, Universitas Halu Oleo, Indonesia)
(7) Irfan Irfan Mail (Jurusan Pendidikan Ekonomi FKIP, Universitas Halu Oleo, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Air bersih merupakan sumber utama dalam kehidupan makhluk hidup terutama manusia. Air bersih adalah air yang digunakan untuk keperluan sehari-hari yang kualitasnya memenuhi syarat Kesehatan dan dapat diminum apabila telah diolah seperti di masak. Kelurahan Nambo yang terletak diwilayah pesisir memiliki kadar besi (Fe) yang tinggi dalam sumber air yang dikonsumsi masyarakat serta rendahnya pengetahuan masyarakat yang masih kurang tentang pentingnya memanfaatkan air bersih. Kegiatan penyuluhan dan sosialisasi dengan bimbingan teknis bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam merancang dan memanfaatkan peralatan tegnologi pengolahan air bersih menggunakan metode aerasi filtrasi. Hasil kegiatan menunjukkan hasil yang sangat signifikan dengan peningkatan pengetahuan masyarakat dan keinginan yang sangat besar untuk mengubah perilaku hidup yang bersih dan sehat.


Keywords


Penyuluhan; Sosialisasi; Bimbingan Teknis; Air bersih; Aerasi-Filtrsi

   

DOI

https://doi.org/10.47679/ib.2024661
      

Article metrics

10.47679/ib.2024661 Abstract views : 298 | PDF views : 304

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Aba, L., Ode, W., & Arsyad, S. (2022). Bimbingan teknis penurunan kesadahan air sumur menggunakan filter resin penukar kation bagi masyarakat Kelurahan Kambu Kecamatan Kambu Kota Kendari Technical guidance on reducing hardness of well water using cation exchange resin filters for the community. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JAPIMAS), 1(2).

Agustina, N., Hayati, R., Irianty, H., Islam, U., Maab, K., Adhyaksa, J., & Banjarmasin, K. (2019). Peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS ) di Rumah Tangga Terhadap Penggunaan Air Sumur Gali dalam Menurunkan Angka Kejadian Water Borne Disease. Indonesian Journal of Community Dedication (UCD), 1(416), 6–9.

Rasman, & Muh, S. (2016). Penurunan Kadar Besi ( Fe ) Dengan Sistem Aerasi dan Filtrasi Pada Air Sumur Gali ( Eksperimen ). Jurnal HIGIENE, 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 La Aba, Mulidin Mulidin, La Ode Muhammad Sety, Nani Yuniar, La Ode Sahidin, La Ode Andimbara, Irfan Irfan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesia Berdaya Published By 
Utan Kayu Publishing
 
Lucky Arya Residence 2 No.18.
Jalan HOS. Cokroaminoto Kabupaten Pringsewu
Lampung-Indonesia 35373
 
Email: jiberdaya@gmail.com