Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pembuatan Produk Obat Luka

(1) * La Ode Alifariki Mail (Fakultas Kedokteran Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia)
(2) I Putu Sudayasa Mail (Fakultas Kedokteran Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia)
(3) Adius Kusnan Mail (Fakultas Kedokteran Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia)
(4) Wa Ode Salma Mail (Fakultas Kedokteran Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Dasawisma merupakan program kerja PKK mulai dari pusat sampai ke desa, yang terdiri dari kelompok ibu dari 10 Kepala Keluarga (KK), yang melakukan aktivitas bermanfaat bagi keluarga. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini akan bekerjasama dengan mitra Dasawisma Anggrek dan Dasawisma Asoka yang berlokasi di Desa Langgea Kecamatan Ranomeeto, Kabupaten Konawe Selatan. Secara ekonomi, mitra tergolong bukan kelompok ekonomi secara aktif, namun melalui kegiatan PKM ini diharapkan mitra akan mendaptakan peluang untuk dapat menghasilkan pendapatan baru yang dikelola secara berkelompok, sehingga ada manfaat lebih yang bisa dirasakan mitra dengan aktif dalam kegiatan Dasawisma. Tanaman kayu jawa selama ini hanya dimanfaatkan sebatas pembatas lahan atau sebagai tanaman pelindung di kebun. Tanaman ini belum diketahui manfaatnya dalam kesehatan oleh masyarakat setempat. Berdasarkan uraian prioritas masalah yang dihadapi oleh mitra maka, ada beberapa solusi yang ditawarkan dan disepakati dengan pihak mitra yakni pemberian edukasi tentang kayu Jawa, Mempraktikan budidaya tanaman kayu jawa, Membuat produk ekstraksi sederhana kayu jawa, Mengedukasi mitra tentang potensi ekonomis kayu jawa dan manajemen pemasarannya, mengedukasi mengenai perizinannya. Target luaran dari kegiatan pengabdian ini adalah meningkatnya pengetahuan mitra terkait tanaman kayu jawa, tersedianya lokasi dan budidaya tanaman kayu jawa, tersedianya produk ekstraksi sederhana kayu jawa siap edar, tersedianya izin pemasaran dari produk yang dihasilkan. Rencana kegiatan yang diusulkan antara lain, kegiatan akan dimulai dengan pemberian materi edukasi mengenai Tanaman kayu Jawa. Kegiatan pengabdian ini telah terlaksana dengan jumlah peserta 33 orang yang berasal dari 2 dasa wisma. Ada peningkatan pengetahuan masyarakat setelah pelaksanaan pelatihan pembuatan obat luka dari kayu jawa.

Keywords


Kayu jawa; Obat luka; Pelatihan

   

DOI

https://doi.org/10.47679/ib.2024669
      

Article metrics

10.47679/ib.2024669 Abstract views : 104 | PDF views : 105

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Azzahrah, N. F., Jamaluddin, A. W., & Adikurniawan, Y. M. (2019). Efektivitas Patch Sederhana Dari Ekstrak Daun Kayu Jawa (Lannea coromandelica (Houtt.) Merr.) Terhadap Penyembuhan Luka Sayat Pada Tikus (Rattus norvegicus). Jurnal Ilmiah As-Syifaa, 11(2), 169–180.

Calsum, U., Khumaidi, A., & Khaerati, K. (2018). Aktivitas Ekstrak Etanol Kulit Batang Kayu Jawa (Lannea coromandelica) terhadap Penyembuhan Luka Sayat pada Tikus Putih (Rattus Norvegicus L.). Jurnal Farmasi Galenika (Galenika Journal of Pharmacy)(e-Journal), 4(2), 113–118.

Fadhilah, H., Indah, F. P. S., & Febriza, S. (2022). Studi Literatur Efektivitas Tanaman Terhadap Penyembuhan Luka Sayat. Edu Masda Journal, 6(1), 1–9.

Fadliah, S., Mu’nisa, A., & Rachmawaty, R. (2018). Analisis fitokimia air rebusan daun Kayu Jawa (Lannea coromandelica). Jurnal Bionature, 19(1), 73–77.

Khafifah, E. R., Suwendar, S., & Fitrianingsih, S. P. (2020). Studi Literatur Tanaman yang Berkhasiat sebagai Penyembuh Luka Sayat. Prosiding Farmasi, 6(2), 382–387.

Prawirodiharjo, E. (2014). Uji aktivitas antioksidan dan uji toksisitas ekstrak etanol 70% dan ekstrak air kulit batang kayu jawa (lannea coromandelica).

Putra, B., & Rahman, S. (2020). Uji Aktivitas Ekstrak Etil Asetat Daun Kayu Jawa (Lannea coromandelic (Houtt.) Merr.) Terhadap Penyembuhan Luka Bakar Pada Tikus Putih (Rattus norvegicus). Jurnal Ilmiah As-Syifaa, 12(2), 158–163.

Wirastuty, R. Y. (2017). Uji Efektifitas Gel Ekstrak Etanol Kulit Batang Kayu Jawa (Lannea coromandelica) Pada Kelinci (OryctolagusCuniculus) Sebagai Obat Penyembuhan Luka Bakar. Journal of Pharmaceutical Science and Herbal Technology, 1(1), 32–35.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 La Ode Alifariki, I Putu Sudayasa, Adius Kusnan, Wa Ode Salma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesia Berdaya Published By 
Utan Kayu Publishing
 
Lucky Arya Residence 2 No.18.
Jalan HOS. Cokroaminoto Kabupaten Pringsewu
Lampung-Indonesia 35373
 
Email: jiberdaya@gmail.com