Sosialisasi pembuatan pupuk organik vermikompos dan penerapannya pada sistem tumpangsari tanaman jagung pada perkebunan kelapa sawit

(1) Sitti Leomo Mail (Universitas Halu Oleo, Indonesia)
(2) Sapto Raharjo Mail (Universitas Halu Oleo, Indonesia)
(3) Sarinah Sarinah Mail (Universitas Halu Oleo, Indonesia)
(4) Faisal Danu Tuheteru Mail (Universitas Halu Oleo, Indonesia)
(5) Albasri Albasri Mail (Universitas Halu Oleo, Indonesia)
(6) * Waode Nuraida Mail (Universitas Halu Oleo, Indonesia)
(7) Muhammad Afif Febrian Thahir Mail (Universitas Halu Oleo, Indonesia)
(8) Fikar Fikar Mail (Universitas Halu Oleo, Indonesia)
(9) Nur Hayati Mail (Universitas Halu Oleo, Indonesia)
(10) Amiratul Anisa Mail (Universitas Halu Oleo, Indonesia)
(11) Mawarni Mawarni Mail (Universitas Halu Oleo, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Desa Lombuea merupakan salah satu desa di Kecamatan Moramo Utara Kabupaten Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara. Desa ini memiliki potensi kelapa sawit, namun produktivitasnya rendah. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya peningkatan melalui produksi dan aplikasi pupuk organik vermikompos. Banyak studi melaporkan bahwa aplikasi vermikompos dapat memperbaiki sifat tanah khususnya kesuburan tanah dan meningkatkan pertumbuhan dan produksi tanaman pertanian dan perkebunan. Selain produktivitas rendah, pengetahuan petani atau masyarakat terkait produksi dan teknik penerapan juga masih rendah. Dengan demikian, perlu dilakukan sosiasilisasi terkait produksi pupuk organik vermikompos dan Teknik aplikasinya. Tujuan pelaksanaan KKN Tematik adalah meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan petani terkait produksi dan penerapan vermikompos oleh petani kelapa sawit dari desa Lombuea. KKN tematik akan melibatkan 15 mahasiswa Universitas Halu Oleo. Tahapan pelaksanaan meliputi koordinasi tim KKN tematik dengan pemerintah desa, penyerahan mahasiswa KKN tematik, pelaksanaan kegiatan KKN (sosialisasi produksi vermikompos dan penerapannya), monitoring dan evaluasi serta penarikan mahasiswa KKN tematik. Luaran KKN yang akan dicapai adalah produk barang berupa pupuk organik vermikompos, 1 (satu) artikel jurnal pengabdian, berita kegiatan pada media massa local (cetak atau online) dan video kegiatan KKN Tematik.


Keywords


Tanaman Jagung; Pupuk organik; Vermikompos

   

DOI

https://doi.org/10.47679/ib.2024689
      

Article metrics

10.47679/ib.2024689 Abstract views : 224 | PDF views : 183

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Atmaja T, Madjid M, Demanik B, Mukhlis. 2017. Pengaruh pemberian pupuk kandang ayam, pupuk hijau dan kapur CaCO3 pada tanah ultisol terhadap pertumbuhan tanaman jagung. J Agroekoteknologi FP USU. 5(1):208-215.

[B2P2TP] Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian. 2008. Teknologi Budidaya Kelapa Sawit. Lampung (ID): Balai Besar Pengkajian dan Pengambangan Teknologi Pertanian.

Kementerian Riset dan Teknologi. 2009. Budidaya Cacing Tanah.Dalam artikel http://www.smallcrab.com/keseh atan/25 healthy/91-budidayacacing tanah. Diakses pada 20 November 2021.

Manaf L. A., M. L. Jusoh., M. K. Yusof., T. H. Ismail., R. Harun., H. Jauhir. 2009. ―Influences of Bedding Material in Vermicomposting Process.‖ International Journal of Biology 1(1) : 81 - 91.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sitti Leomo, Sapto Raharjo, Sarinah Sarinah, Faisal Danu Tuheteru, Albasri Albasri, Waode Nuraida, Muhammad Afif Febrian Thahir, Fikar Fikar, Nur Hayati, Amiratul Anisa, Mawarni Mawarni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesia Berdaya Published By 
Utan Kayu Publishing
 
Lucky Arya Residence 2 No.18.
Jalan HOS. Cokroaminoto Kabupaten Pringsewu
Lampung-Indonesia 35373
 
Email: jiberdaya@gmail.com