Manajemen pencegahan penyakit tidak menular melalui pemberdayaan SDM kesehatan (KADER) di wilayah kerja Puskesmas Suranadi Lombok Barat NTB

(1) * Mardiatun Mardiatun Mail (Jurusan Keperawatan, Poltekkes Kemenkes Mataram, Indonesia)
(2) Awan Dramawan Mail (Jurusan Keperawatan, Poltekkes Mataram, Indonesia)
(3) Akhmad Fathoni Mail (Jurusan Keperawatan, Poltekkes Mataram, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Indonesia saat ini menghadapi beban ganda penyakit, yaitu penyakit menular dan Penyakit Tidak Menular. Perubahan pola penyakit tersebut sangat dipengaruhi antara lain oleh perubahan lingkungan, perilaku masyarakat, transisi demografi, teknologi, ekonomi dan sosial budaya. Peningkatan beban akibat PTM sejalan dengan meningkatnya faktor risiko yang meliputi meningkatnya tekanan darah, gula darah, indeks massa tubuh atau obesitas, pola makan tidak sehat, kurang aktivitas fisik, dan merokok serta alkohol.  Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah Meningkatkan pengetahuan & Keterampilan SDM Kesehatan ( kader) tentang Pemeriksaan Faktor Resiko PTM dan untuk Meningkatkan Pengetahuan & Keterampilan masyarakat (kader) tentang Pengukuran Faktor Resiko PTM (Khusus Hipertensi). Metode   yang   digunakan   yaitu   pendidikan   kesehatan   dengan   ceramah   dan demonstrasi.  Kegiatan ini menghasilkan kader yang mampu melakukan pemeriksaan dan pengukuran factor resiko PTM, di mana data ini sangat di butuhkan sebagai langkah awal dalam menemukan kasus dini PTM di tingkat dasar yang nantinya bisa di gunakan oleh pemegang program puskesmas khusus PTM.  Dengan  demikian diharapkan   peran   serta   dari   Kader   tersebut   untuk  mencegah dan menemukan kasus lebih dini bisa di lakukan.


Keywords


Kader; PTM; Penyakit Tidak Menular

   

DOI

https://doi.org/10.47679/ib.2024677
      

Article metrics

10.47679/ib.2024677 Abstract views : 156 | PDF views : 167

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Candra, A., Probosari, E., Puruhita, N., & Ardiaria, M. (2021). Pelatihan Pengukuran Antropometri Dan Sosialisasi Pesan Gizi Seimbang Untuk Kader Pos Pelayanan Terpadu/Posyandu. JNH (Journal of Nutrition and Health), 9(1), 31-38.

Dinas Kesehatan (2022) Profil Kesehatan Provinsi NTB 2021

Kementrian Kesehatan RI, 2019, Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2019, Jakarta, Kementrian Kesehatan RI

Kementerian Kesehatan RI. Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS 2018).

Novita, L. (2022). Pemberdayaan Kader Ptm Dalam Pengolahan Makanan Berbasis Pangan Lokal Sebagai Upaya Penanggulangan Penyakit Diabetes Melitus Di Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. PITIMAS: Journal of Community Engagement in Health, 1(3), 70-75.

Yani, D. I., Hidayat, R. A., & Sari, C. W. M. (2018). Gambaran Pelaksanaan Peran Kader Tuberkulosis pada Program DOTS di Kecamatan Bandung Kulon. Jurnal Keperawatan Komprehensif (Comprehensive Nursing Journal), 4(2), 58-67.

Kemenkes, 2021 Petunjuk Teknis Pelaksanaan Posyandu Lanjut Usia dan Posbindu PTM Terintegrasi. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.2021 Kemenkes RI

WHO. World Health Statistics: 2018. Geneva; 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mardiatun Mardiatun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesia Berdaya Published By 
Utan Kayu Publishing
 
Lucky Arya Residence 2 No.18.
Jalan HOS. Cokroaminoto Kabupaten Pringsewu
Lampung-Indonesia 35373
 
Email: jiberdaya@gmail.com