Jajanan Sehat pada Anak di Wilayah Pesisir SDN 04 Moramo Utara Kabupaten Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara

(1) * Rahmawati Rahmawati Mail (Prodi Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Halu Oleo, Kendari Indonesia, Indonesia)
(2) Adius Kusnan Mail (Program Studi Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Haluoleo, Indonesia)
(3) La Rangki Mail (Program Studi Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Haluoleo, Indonesia)
(4) Mubarak Mubarak Mail (Program Studi Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Haluoleo, Indonesia)
(5) Sukurni Sukurni Mail (Program Studi Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Haluoleo, Indonesia)
(6) Saida Saida Mail (Program Studi Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Haluoleo, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Pengetahuan orang tua tentang pemilihan jajanan sehat akan berpengaruh terhadap kebiasaan jajan anak. Orang tua harus mengetahui mengenai jajanan apa saja yang bergizi baik untuk anak dan jajanan apa saja yang tidak baik untuk anak. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan edukasi terhadap anak di SDN 04 Moramo Utara Kabupaten Konawe Selatan sebagai perwujudan nyata dari Edukasi tentang Pentingnya jajanan sehat pada anak. Metode pelaksanaan PkM adalah memberikan edukasi berupa informasi tentang makanan jajanan sehat dan bagaimana anak dan orangtua untuk mengatur jenis jajanan anak di sekolah. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa seluruh peserta penyuluhan telah memperoleh penjelasan tentang Jajanan Sehat dan peserta telah memperoleh informasi dan telah mengetahui tentang Jajanan Sehat

Keywords


Anak sekolah; Jajanan Sehat; Pengetahuan

   

DOI

https://doi.org/10.47679/ib.2024699
      

Article metrics

10.47679/ib.2024699 Abstract views : 13 | PDF views : 5

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Aisyah, U. N., Mutalazimah, S. K. M., & Sarbini, D. (2015). Hubungan pengetahuan dan sikap anak terhadap perilaku pemilihan makanan jajanan yang sehat di SD Muhammadiyah 16 Karangasem Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Amira, K. A., & Setyaningtyas, S. W. (2021). Pengaruh Edukasi Gizi Terhadap Pengetahuan dan Sikap Anak Sekolah Dasar dalam Pemilihan Jajanan Sehat: Literature Review. Media Gizi Indonesia (National Nutrition Journal), 16(2), 130–138.

Arza, P. A., Masnarivan, Y., Dewi, R. K., Fitriyani, F., Rahmah, D. F., & Ananda, A. K. (2020). Edukasi gizi seimbang dan makanan jajanan sehat di SDN 39 Pasar Ambacang Kota Padang. Buletin Ilmiah Nagari Membangun, 3(1), 30–37.

Febriyanto, M. A. B. (2016). Hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan perilaku konsumsi jajanan sehat di MI Sulaimaniyah Mojoagung Jombang. Universitas Airlangga.

Kinasih, P., Isnaeni, F. N., & Gz, S. (2022). Hubungan Pengetahuan Gizi Dengan Frekuensi Konsumsi Fast Food Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta Pada Masa Pandemi Covid-19. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sari, S., & Woferst, R. (2015). Hubungan Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Tentang Fast Food Terhadap Motivasi Mahasiswa Dalam Mengonsumsi Makanan Fast Food.

Sineke, J., Kawulusan, M., Purba, R. B., & Dolang, A. (2019). Hubungan tingkat pengetahuan gizi dan pola makan dengan kejadian obesitas pada siswa SMK Negeri 1 Biaro. Jurnal GIZIDO, 11(01), 28–35.

Sudarma, V. (2020). Perbandingan tingkat pengetahuan pola makan sehat antara mahasiswa Fakultas Kedokteran dengan non Kedokteran. In SKRIPSI-2015. Universitas Trisakti.

Sukma, D. C., & Margawati, A. (2014). Hubungan pengetahuan dan sikap dalam memilih makanan jajanan dengan obesitas pada remaja di SMP Negeri 2 Brebes. Diponegoro University.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rahmawati, Adius Kusnan, La Rangki, Mubarak, Sukurni, Saida

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesia Berdaya Published By 
Utan Kayu Publishing
 
Lucky Arya Residence 2 No.18.
Jalan HOS. Cokroaminoto Kabupaten Pringsewu
Lampung-Indonesia 35373
 
Email: jiberdaya@gmail.com