Sosialisasi Pendampingan Orang Tua Kreatif dalam Menumbuhkan Karakter Anak Usia Dini melalui Media Bahan Daur Ulang di TK Kreatif Cendekia Surabaya

(1) * Berda Asmara Mail (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia)
(2) Sunanto Sunanto Mail (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia)
(3) Afib Rulyansah Mail (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia)
(4) Renny Candradewi Puspitarini Mail (Universitas Panca Marga, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Tujuan dari Pengabdian Masyarakat adalah merupakan kewajiban sebagai seorang dosen selain Penelitian dan Pendidikan. Pelaksanaan pembelajaran di Lembaga PAUD sangat diperlukan melalui permainan dan media yang menyenangkan dan yang sesuai dengan usia anak. Oleh sebab itu peraga sangat diperlukan dalam pembelajaran Anak Usia Dini. Media sangat diperlukan agar dapat menarik minat Anak Usia Dini. Pengadaan alat peraga sangat dibutukan, tidak harus beli dalam membuat permainan yang menyenangkan untuk Anak Usia Dini, bahkan bisa memakai dari bahan daur ulang atau bahan bekas yang masih bisa terpakai. Berdasarkan keadaan di lapangan seperti di atas maka kami mengadakan kegiatan berupa pengabdian masyarakat. Pengabdian Masyarakat yang akan dilakukan adalah pendampingan kepada orang tua untuk menumbuhkan karakter Anak Usia Dini melalui kegiatan permainan yang menyenangkan dengan menggunakan media bahan daur ulang atau bahan bekas yang masih bisa terpakai dan yang dikenal oleh anak. Pelaksanaan akan dilakukan di TK Kreatif Cendekia Surabaya dengan alasan FKIP UNUSA pada tahun-tahun sebelumnya telah menjalin kerjasama (MoU) dengan lembaga tersebut melalui Tri Dharma. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan kreativitas orang tua dan menambah semangat dan antuasias anak usia dini selam SFH (School From Home).

Abstact: The objective of Community Service is to fulfill an obligation as a faculty member, in addition to Research and Education. The implementation of learning in Early Childhood Education Institutions is essential through enjoyable games and media that are age-appropriate for the children. Therefore, instructional aids are crucial in the learning process of Early Childhood. Media is necessary to attract the interest of Early Childhood. The provision of teaching aids is imperative, and it is not necessary to purchase new items for creating enjoyable games for Early Childhood. Instead, recycled materials or reusable waste materials can be used. Based on the field conditions as described, we have organized community service activities. The Community Service to be undertaken involves assisting parents in nurturing the character of Early Childhood through enjoyable gaming activities using recycled materials or reusable waste materials familiar to the children. The implementation will take place at TK Kreatif Cendekia Surabaya, chosen because FKIP UNUSA had previously established a partnership (MoU) with this institution through Tri Dharma. This activity aims to enhance the creativity of parents and boost the enthusiasm and eagerness of early childhood children during SFH (School from Home).


Keywords


Kreativitas; Media Daur Ulang; Anak Usia Dini

   

DOI

https://doi.org/10.47679/ib.2024761
      

Article metrics

10.47679/ib.2024761 Abstract views : 69 | PDF views : 30

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Aqib, Zainal. 2009. Belajar dan Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. Bandung: Yrama Widya.

Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Eliyawati, Cucu. 2005. Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar untuk Anak Usia Dini. Jakarta; Depdiknas.

Lowenfeld, V. dan Brittain, W.L. 1982.Creative and Mental Growth. New York: Macmillan Publishing Co

Supriadi, Dedi.1994. Kreativitas, kebudayaan dan perkembangan IPTEK. Bandung: Alfabeta

Sumanto.2005.Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta; Depdiknas.

Sumantri. 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta; Depdiknas.

Susanto, Ahmad. 2014. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta; PT Karisma Putra Utama.

Suyadi. 2017. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Berda Asmara, Sunanto, Afib Rulyansah, Renny Candradewi Puspitarini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesia Berdaya Published By 
Utan Kayu Publishing
 
Lucky Arya Residence 2 No.18.
Jalan HOS. Cokroaminoto Kabupaten Pringsewu
Lampung-Indonesia 35373
 
Email: jiberdaya@gmail.com