Pengembangan Media Pembelajaran Digital: Pelatihan Game Edukasi Wordwall untuk Guru PAUD di Surabaya

(1) * Andini Hardiningrum Mail (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia)
(2) Destita Shari Mail (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia)
(3) Jauharotur Rihlah Mail (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia)
(4) Risalatul Munawaroh Mail (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia)
(5) Afib Rulyansah Mail (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Program pengabdian masyarakat ini dirancang untuk meningkatkan keterampilan guru PAUD di Surabaya dalam memanfaatkan game edukasi Wordwall sebagai media pembelajaran yang mendukung kurikulum merdeka dan meningkatkan literasi digital pada anak-anak. Tujuan utama program ini adalah untuk memberikan bekal kepada para guru agar mampu menggunakan alat digital ini secara efektif dalam kegiatan belajar mengajar sehari-hari. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan intensif selama tiga hari pada bulan Januari 2024, yang menargetkan 20 guru dari sekolah-sekolah penggerak di Surabaya. Sebelum pelatihan dimulai, informasi mengenai program ini disampaikan kepada para guru sekolah penggerak yang menjadi target peserta, sehingga mereka dapat mempersiapkan diri dan memahami pentingnya pelatihan ini. Informasi ini mencakup detail tentang bagaimana tim penulis akan mengadakan pelatihan dan apa saja manfaat yang akan diperoleh dari pemanfaatan game edukasi Wordwall dalam pembelajaran. Pelatihan ini dirancang untuk melibatkan peserta secara aktif melalui metode pembelajaran yang berfokus pada pengalaman langsung. Peserta akan diberi kesempatan untuk mempraktikkan langsung cara mengembangkan dan menggunakan game edukasi Wordwall dalam konteks pembelajaran mereka. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini sangat beragam dan mencakup beberapa teknik seperti sesi tanya jawab untuk menggali pemahaman dan menjawab pertanyaan peserta, diskusi kelompok untuk berbagi ide dan pengalaman, demonstrasi penggunaan Wordwall oleh instruktur, serta praktik langsung di mana peserta dapat mencoba membuat dan menerapkan game edukasi tersebut. Selama pelatihan, para guru akan belajar bagaimana mengintegrasikan Wordwall ke dalam kurikulum mereka, bagaimana menciptakan konten yang menarik dan edukatif, serta bagaimana memanfaatkan fitur-fitur Wordwall untuk memaksimalkan proses pembelajaran. Melalui pendekatan praktik terbimbing, peserta akan mendapatkan pemahaman mendalam dan keterampilan praktis yang dapat langsung diaplikasikan di kelas mereka. Dengan demikian, pelatihan ini diharapkan dapat menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan guru PAUD di Surabaya dalam mengajar dengan bantuan teknologi digital, sejalan dengan semangat kurikulum merdeka dan era digital yang terus berkembang.

Abstract. This community service program is designed to enhance the skills of early childhood education (PAUD) teachers in Surabaya in utilizing the educational game Wordwall as a learning medium that supports the independent curriculum and improves digital literacy among children. The main goal of this program is to equip teachers with the ability to effectively use this digital tool in their daily teaching activities. The program is conducted in the form of an intensive three-day training session in January 2024, targeting 20 teachers from leading schools in Surabaya. Before the training begins, information about the program will be provided to the target teachers, allowing them to prepare and understand the importance of this training. This information includes details on how the authors' team will conduct the training and the benefits that will be gained from utilizing the Wordwall educational game in teaching. The training is designed to actively involve participants through a hands-on learning method. Participants will have the opportunity to directly practice how to develop and use the Wordwall educational game in their teaching contexts. The methods used in this training are diverse and include several techniques such as Q&A sessions to explore understanding and answer participants' questions, group discussions to share ideas and experiences, demonstrations of Wordwall usage by instructors, and direct practice where participants can try creating and implementing these educational games. During the training, teachers will learn how to integrate Wordwall into their curriculum, create engaging and educational content, and leverage Wordwall's features to maximize the learning process. Through a guided practice approach, participants will gain deep understanding and practical skills that can be immediately applied in their classrooms. Therefore, this training is expected to result in a significant improvement in the ability of PAUD teachers in Surabaya to teach with the aid of digital technology, in line with the spirit of the independent curriculum and the ever-evolving digital era.


Keywords


media pembelajaran digital; merdeka belajar; game edukasi Wordwall

   

DOI

https://doi.org/10.47679/ib.2024853
      

Article metrics

10.47679/ib.2024853 Abstract views : 33 | PDF views : 20

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Fatmasari. (2013). Dinamika Kedekatan Hubungan-Anak: Perbedaan Kedekatan Ayah-Ibu dengan Anak Laki-laki dan Anak Perempuan TahapRemaja Akhir pada Keluarga Jawa. Electronic theses & dissertation (ETD). Gadjah Mada University

Hedo, DJ. (2020) Father Involvement di Indonesia. Surabaya: Airlangga University Press

Maisyarah, Ahmad, A., & Bahrun. (2017). Peran Ayah pada Pengasuhan Anak Usia Dini dalam Keluarga di Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 1(2), 50–61. Retrieved from
http://www.jim.unsyiah.ac.id/paud/article/viewFile/5786/4498.

Prastiyani, W. (2017). Peran Ayah Muslim dalam Pembentukan Identitas Gender Anak Kampung Karanganyar, Brontokusuman, Mergangsan Yogyakarta. Psikologika, 22 (1), 69-88.

Wahyuni, Annisa, dkk. 2021. Peran Ayah (Fathering ) Dalam Pengasuhan Anak Usia Dini. Al-Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol.2 No.2.

Wahyuningrum, Enjang. 2011. “Peran Ayah (Fathering) Pada Pengasuhan Anak Usia Dini (Sebuah Kajian Teoritis).” Psikowacana 10:1–19.

Maiza, Zakiya, and Nurhafizah Nurhafizah. 2019. “Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal PendidikanAnak Usia Dini 3(2):356. doi: 10.31004/obsesi.v3i2.196

Omonayajo, B., Al‐Turjman, F., & Çavuş, N. (2022). Interactive and Innovative Technologies for Smart Education. Computer Science and Information Systems, 19(3), 1549–1564. https://doi.org/10.2298/csis210817027o

Kemendikbud. 2020. “Buku Panduan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka.”, 1st ed, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI.

Christianto, J., & Dwiyogo, W. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Cricket Berbasis Mobile Learning Pada Tim Olahraga Cricket Universitas Negeri Malang. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(2), 168. https://doi.org/10.17977/um040v3i2p168-174

Kustiawan, W., Siregar, A. A., Purba, A. M., & Muhammad, M. (2022). MANAJEMEN MEDIA ONLINE: ONLINE MEDIA 114 MANAGEMENT. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Komunikasi, 2(2), 13-17.

Restiana. 2017. Pengembangan Software Aplikasi Game Edukasi Monopoli Sebagai Penunjang Pembelajaran Biologi Pada Peserta Didik Kelas Xi Sma Yp Unila Bandar Lampung (Skripsi). Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

ASRI, D., & YERMIANDHOKO, Y. (2018). Pengembangan Game Edukasi Si Galang Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Ips Materi Pakaian Adat Untuk Kelas IV Sd. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(3), 254964.

Setiawan, Wawan. 2017. Jurnal Era Digital dan Tantangannya. Universitas Pendidikan Indonesia.

Nasrullah, Rulli. 2017. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosio teknologi, Bandung: Simbiosa Rektama Media.

Savitri, A. (2021). Pemanfaatan Game Edukasi Wordwall Sebagai Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Secara Daring Di Perguruan Tinggi. ISoLEC Proceedings, 5(1), 159-166.

Themes, K. E. Y. T. O. (2013). Literacy across the Curriculum. Literacy across the Curriculum. https://doi.org/10.18848/978-1-61229-143-7/cgp

Shiddiq, J. (2021). Inovasi Pemanfaatan Word-Wall Sebagai Media Game-Based Learning Untuk Bahasa Arab. JALIE; Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, 5(1), 151-169.

Pradani, T. G. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 452–457. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i5.162


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Andini Hardiningrum, Destita Shari, Jauharotur Rihlah, Risalatul Munawaroh, Afib Rulyansah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesia Berdaya Published By 
Utan Kayu Publishing
 
Lucky Arya Residence 2 No.18.
Jalan HOS. Cokroaminoto Kabupaten Pringsewu
Lampung-Indonesia 35373
 
Email: jiberdaya@gmail.com