Hubungan Komunikasi Interpersonal Tour Leader dengan Kepuasan Jamaah Haji Khusus Ujas Tour Tahun 2024

(1) * Erna Dusra Mail (Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Universitas Hasanuddin, Indonesia)
(2) Muhammad Akbar Mail (Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Universitas Hasanuddin, Makassar, Indonesia, Indonesia)
(3) Alem Febri Sonni Mail (Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Ada dua cara mengukur kepuasan pelanggan, yang pertama melihat pelayanan yang diinginkan (desired service), yang kedua pelayanan yang dianggap cukup (adequate service). Tour leader sebagai bagian dari pelayanan yang dimiliki oleh travel umrah dan haji khusus sehingga Tour leader memiliki peran dalam memenuhi harapan jamaah dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Tour leader dituntut untuk bisa mengelola kepuasan jamaah haji dengan cara memahami kebutuhan dan harapan, serta memberikan solusi yang memuaskan dan komunikatif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis komunikasi interpersonal Tour leader, menganalisis kepuasan jamaah haji khusus Ujas Tour dan hubungan antara komunikasi interpersonal Tour leader dengan kepuasan jamaah haji khusus Ujas Tour. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif, sampel penelitian terdiri dari 42 responden yang dipilih melalui teknik probability sampling yaitu memberikan peluang yang sama kepada seluruh populasi untuk menjadi anggota sampel. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penetrasi Sosial dengan dimensi dalam teori DeVito Komunikasi Interpersonal dan Wilkie Kepuasan Pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara Komunikasi Interpersonal Tour leader dengan Kepuasan jamaah haji khusus Ujas Tour sebesar 0,664 berdasarkan tingkat korelasi dan hasil uji analisis statistic diperoleh nilai p = 0,000 (kurang dari 0,05), dan df = 4 dengan demikian nilai Xhitung 33,097 lebih dari Xtabel 9.488. Hipotesis penelitian H₁ diterima dan H₀ ditolak, ada hubungan yang signifikansi antara komunikasi interpersonal Tour leader dengan kepuasan jamaah haji khusus tahun 2024.


Keywords


Komunikasi Interpersonal; Tour leader; Kepuasan Jamaah haji; Ujas Tour

   

DOI

https://doi.org/10.47679/ib.2024888
      

Article metrics

10.47679/ib.2024888 Abstract views : 43 | PDF views : 22

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Daryanto & Ismanto Setyobudi. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media.

Devito, Joseph A. 2011. Komunikasi Antar Manusia Edisi Ke-5. Pamulang Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group. Kementerian Agama Republik Indonesia. 2024. Pahami Manasik, Haji T idak Sah Bila Jamaah Tinggalkan Salah Satu Ruku Haji. https://kemenag.go.id/.

Laksana, Muhibudin Wijaya. 2015. Psikologi Komunikasi Membangun Komunikasi yang Efektif d alam Interaksi Manusia, Bandung: Pustaka Setia

Oliver, Riscard L. 1997. SatisfactionA Behavioral Perpective On The Consumer. Singapore: McGraw- Hill Education.

Sugiyono. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ujastour. 2023. Profil Ujas Tour, (Online). https://ujastour.id/cabang/.

West, Richard, and Lynn Turner. (2014). Introducing Communication Theory Fifth Edition. New York: McGraw-Hill Education.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Erna Dusra, Muhammad Akbar, Alem Febri Sonni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesia Berdaya Published By 
Utan Kayu Publishing
 
Lucky Arya Residence 2 No.18.
Jalan HOS. Cokroaminoto Kabupaten Pringsewu
Lampung-Indonesia 35373
 
Email: jiberdaya@gmail.com