Asuhan Kebidanan Berkelanjutan pada Ny. S, Ny.P, Ny.R di Wilayah Pagelaran Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu, Lampung

Vol. 2 No. 2: 2022 | Pages : 47-50

DOI: 10.47679/jchs.202225   Reader : 479 times PDF Download : 23 times

Abstract

PENDAHULUAN

Continuity of care (COC) dalam kebidanan adalah serangkaian kegiatan peladenan yang berkelanjutan dan menyeluruh mulai dari kehamilan, persalinan, nifas, pelayanan bayi baru lahir serta pelayanan keluarga berencana yang menghubungkan kebutuhan kesehatan perempuan khususnya dan keadaan pribadi setiap individu (Homer et al., 2014 dalam ningsih 2017)

Bidan merupakan profesi kunci dalam pelayanan terhadap perempuan selama daur kehidupan. Dan hasil telaah sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa bidan mempunyai otoritas besar terhadap kesejahteraan kesehatan perempuan. Sehingga profesionalisme bidan merupakan elemen penting dalam pemberdayaan perempuan. Layanan kebidanan didasarkan pada pemenuhan kebutuan perempuan, memberikan rasa nyaman dan bersikap yang baik serta kemampuan komunikasi yang baik. Pentingnya mendengarkan dari pihak perempuan memungkinkan dapat berkontribusi dalam pengambilan keputusan. Membangun hubungan kepercayaan sehingga perempuan merasa berdaya guna terhadap kondisi dirinya. (Nardina, 2021).

Angka kematian ibu dilihat dari pencatatan program kesehatan keluarga di Kementerian Kesehatan pada tahun 2020 menunjukkan 4.627 kematian di Indonesia. Jumlah ini menunjukkan peningkatan dibandingkan tahun 2019 sebesar 4.221 kematian. Berdasarkan penyebab, sebagian besar kematian ibu pada tahun 2020 disebabkan oleh perdarahan sebanyak 1.330 kasus, hipertensi dalam kehamilan sebanyak 1.110 kasus, dan gangguan sistem peredaran darah sebanyak 230 kasus. (Kemenkes RI, 2021).

Nyeri punggung bawah (Low Back Pain) merupakan nyeri punggung terjadi antara tulang rusuk kedua belas dan lipatan bokong. Nyeri punggung pada kehamilan adalah gejala yang umum selama kehamilan (50%) dan (49%) dari wanita hamil mengeluh sakit daerah pinggul yang berlangsung lebih dari tiga bulan. Tahun pertama setelah persalinan 72% dari wanita yang mengalami nyeri pinggung dan panggul, beberapa mengeluh sakit terus menerus di punggung bawah dan daerah panggul hingga 3 tahun setelah persalinan.(Rosida,dkk 2021).

Senam hamil sangat baik untuk merangsang system pemeliharaan perbaikan tubuh, dapat meningkatkan kekuatan dan sirkulasi jantung, serta mengencangkan otot-otot yang mengendur, menjaga fleksibilitas sendi, bagus untuk poster tubuh, serta dapat menghilangkan stress dan membuat tubuh menjadi lebih nyaman. (Kusumawati,2019).

Berdasarkan penelitian kurniasih 2019 dengan judul pengaruh senam hamil terhadap nyeri punggung pada ibu hamil di dapat bahwa hasil dari pre test dan post test pada kelompok kontrol mayoritas dengan intensitas nyeri sedang yaitu 7 orang (50%) dan nyeri berat yaitu 6 orang (42%), sedangkan pada melompok intervensi mayoritas nyeri ringan yaitu 7 orang (50%) dan nyeri sedang yaitu 7 orang (50%). Berdasarkan analisa statistik didapatkan niai p value adalah 0,001 maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya senam hamil efektif menurunkan intensitas nyeri punggung pada ibu hamill di UPTD Puskesmas Mundu Kabupaten Cirebon.

Penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dapat dilakukan dengan menjamin kesehatan ibu yang berkualitas, seperti pelayanan kesehatan ibu hamil, pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan yang terlatih di fasilitas pelayanan kesehatan. Perawatan pasca persalinan bagi ibu dan bayi, perawatan khusus dan rujukan jika terjadi komplikasi, serta perawatan keluarga berencana (Kemenkes 2015 dalam legawati 2018).

Berdasarkan hasil Survey yang telah dilakukan kepada ibu hamil, bahwa dari 3 ibu hamil yang dilakukan wawancara ibu hamil mengalami nyeri punggung dan ibu hamil belum pernah melakukan senam hamil selama kehamilannya. Berdasarkan uraian diatas, maka penulis tertarik untuk melakukan asuhan kepada ibu hamil secara Komprehensif mulai dari masa kehamilan dengan memberikan asuhan senam hamil, persalinan, bayi baru lahir, nifas, serta keluarga berencana.

METODE

Metode yang digunakan dalam asuhan komprehensif pada ibu hamil, bersalin, nifas, BBL dan KB adalah Jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan metode pendekatan studi kasus. Studi kasus adalah penelitian yang dilakukan dengan meneliti suatu permasalahan melalui suatu kasus yang terdiri dari unit tunggal. Unit tunggal dapat berarti satu orang atau sekelompok penduduk yang terkena suatu masalah (Notoatmodjo, 2014).

HASIL DAN DISKUSI

Dari ketiga kasus kehamilan yang diikuti bahwa semua pasien telah diberikan intervensi dengan melakukan senam hamil untuk memperlihatkan penurunan nyeri punggung. Hal ini dinyatakan oleh hasil wawancara kepada pasien bahwa nyeri punggung menjadi berkurang setelah melakukan senam hamil dan satu pasien mengatakan bahwa tidur menjadi lebih nyenyak setelah dilakukan senam hamil.

Berdasarkan teori Nyeri punggung terjadi karena adanya perubahan pada hormon kehamilan yang meningkatkan kadar hormon relaksin, hal ini mempengaruhi fleksibilitas jaringan ligamen yang akhirnya meningkatkan mobilitas sendi di pelvis dan akan berdampak pada ketidakstabilan spinal dan pelvis serta menyebabkan rasa tidak nyaman. Faktor predisposisi lainnya yang menyebabkan nyeri punggung berkaitan dengan penambahan berat badan, perubahan postur yang cepat, nyeri punggung terdahulu, dan peregangan yang berulang.(Rukiyah,2012).

Pada pasien dianjurkan menggunakan KB Suntik 3 bulan. Kecuali pada Ny.S disarankan menggunakan KB jangka Panjang dimana dilihat dari kelahiran Ny.S sudah memiliki 4 orang anak sehingga penulis menganjurkan menggunakan KB jangka Panjang. Peneliti menganjurkan mengguakan KB Suntik 3 bulan karena sesuai kondisi yaitu menginginkan alat kontrasepsi KB suntik jangka menengah, ibu menyusui, usia ibu. Peneliti juga menganjurkan ibu untuk meminta persetujuan kepada suami untuk dilakukan KB suntik 3 bulan. Kontrasepsin suntikan mengandung hormone sintetik.

Telah dilakukan suntik KB 3 bulan pada ketiga pasien. berdasarkan teori diatas tidak ditemukan kesenjangan antara teori dan praktik dalam asuhan KB. Untuk pasien Ny.S juga telah mendapatkan kb suntik 3 bulan, dikarnakan Ny.S menolak menggunakan KB jangka Panjang, namun Kb suntik 3 bulan dapat digunakan pada Ny.S karena dari data yang di dapat Ny. S tidak memiliki riwayat hipertensi,tidak ada riwayat penyakit diabetes serta tidak memiliki riwayat penyakit lainnya yang menyebabkan tidak di perbolehkan menggunkan kb suntik, sehingga Ny. S dapat diberikan suntik KB 3 bulan

KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

Dari ketiga kasus kehamilan yang diikuti bahwa semua pasien telah diberikan intervensi dengan melakukan senam hamil untuk memperlihatkan penurunan nyeri punggung. Hal ini dinyatakan oleh hasil wawancara kepada pasien bahwa nyeri punggung menjadi berkurang setelah melakukan senam hamil dan satu pasien mengatakan bahwa tidur menjadi lebih nyenyak setelah dilakukan senam hamil. Diharapkan bagi peneliti selanjutnya dapat memberikan asuhan pada ibu hamil dengan membandingkan senam hamil dengan yoga sebagai salah satu cara untuk menggurangi rasa nyeri pada kehamilan trimester III.

Acknowledgements

Penulis mengucapkan terima kasih kepada keluarga atas dukungan yang tidak pernah putus, dan kepada seluruh responden penelitian yang terlibat dalam penelitian ini.

Funding Statement

The authors did not receive support from any organization for the submitted work and No funding was received to assist with the preparation of this manuscript

Conflict of Interest statement

Penulis yang namanya tercantum tepat di bawah ini menyatakan bahwa tidak memiliki afiliasi atau keterlibatan dengan pihak luar manapun dan tulisan ini murni dari sumber yang dicantumkan di daftar pustaka serta tidak mengandung plagarisme dari jurnal artikel manapun. Sumber tulisan telah dicantumkan seluruhnya didaftar pustaka.

Copyright

Hak cipta artikel ini dipegang oleh penulis

Data Availability

References

  • Agnesti. 2019. Senam Hamil Praktis.Yogyakarta: Medpres
  • Amelia, C. (2018). Asuhan Kebidanan Komprehensif pada Ny.“S” G4p3a0 38 Minggu Kehamilan Normal di Bpm Lilis Suryawati, S. St, M. Kes Desa Sambong Dukuh Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang.
  • Aslina dan Febrianti. (2019). Teori dan Implementasi Dalam Pelayanan Kebidanan. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.
  • Dartiwen. 2019. Asuhan Kebidanan Kehamilan. Yogyakarta: Cv Andi Offset
  • Fitriyana Yuni. 2018. Asuhan Persalinan. Yogyakarta. Pustaka Baru Press
  • Hartini. 2019. Asuhan Kebidanan Kehamilan. Malang: Wineka Media
  • Jeepi Norma. 2019. Pengantar Asuha Kebidanan. Jakarta. CV Trans Info Media.
  • Kemenkes RI. 2021. Profil Kesehatan Indonesia 2020. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
  • Kusumawati. 2019. Bugar Dengan Senam Hamil. Sidoharjo: Zifatama Jawarah
  • Kurniasih. 2019. Pengaruh Senam Hamil Terhadap Nyeri Punggung Pada Ibu Hamil. Jurnal Kesehatan. Vol.10 No.1. DOI: http://dx.doi.org/10.38165/jk
  • Legawati. 2018. Asuhan Persalinan Dan Bayi Baru Lahir. Malang: Wineka Media
  • Mutmainnah Annisa, Herni Johan, dkk. 2017. Asuhan Persalinan Normal Dan Bayi Baru Lahir. Yogyakarta : ANDI (Anggota IKAPI)
  • Nardina,dkk. 2021. Etikolegal Dalam Praktik Kebidanan I. Medan: Yayasan Kita Menulis
  • Ningsih Andriya. 2017. Continuity of Care Kebidanan Midwifery Continuity of Care. Oksitosin, Kebidanan. Vol.IV.2 hal 67-77
  • Nurasiah Ai. (2015). Asuhan Persalinan Normal Bagi Bidan.Kuningan: Rafika Aditama
  • Pratiwiningsih, dkk. 2021. Asuhan Kebidanan Persalinan Dan Bayi Baru Lahir. Jawa Barat: Cv Jejak Anggota Ikapi
  • Pitriani Dan Rika 2014. Asuhan Kebidanan Ibu Nifas Normal. Yogyakarta: Deepublish
  • Proverawati atika. 2018. Anemia dan anemia kehamilan. Yogyakarta: Nuha Mediak
  • Rosida Dkk. 2021. Solusi Low Back Pain Pada Kehamilan Dengan Terapi Akupuntur Auricular. Malang. PT Cita Intrans Selaras
  • Rukiah, Ai Yeyeh. Dkk. 2012. Asuhan Kebidanan 1 Kehamilan Edisi Revisi. Jakarta: Trans Info Media
  • Sutanto, A. V. (2018). Asuhan Kebidanan Nifas dan Menyusui Teori dalam Praktik Kebidanan Profesional. Yogyakarta: Pustaka Baru Press
  • Sulfianti, Dkk. 2020. Asuhan Kebidanan Pada Persalinan. Medan. Yayasan Kita Menulis
  • Umiyah. 2022. Asuhan Kebidanan Pada Kehamilan. Bogor. Get Pres
  • Wulandari, Dkk. 2021. Asuhan Kebidan Kehamilan. Bandung. Penerbit Media Sains Indonesia
  • Yuliani, Dkk. 2021. Asuhan Kehamilan. Medan: Yayasan Kita Menulis
  • Yulianti. 2019 Asuhan Kebidanan Persalinan dan Bayi Baru Lahir. Makasar: Cendikia Publisher
  • Yunita. 2019. Penggunaan Kontrasepsi Dalam Praktik Klinik dan Komunitas. Malang: UB Pres
  • Watelain E, Pinti A, Doya R, Garnier C, Toumi H, Boudet S. Benefits of physical activities centered on the trunk for pregnant women. Phys Sportsmed. 2017 Sep;45(3):293-302. doi: 10.1080/00913847.2017.1351286. Epub 2017 Jul 27. PMID: 28678599.

Editorial's Note

Journal of Current Health Sciences remains neutral with regard to jurisdictional claims in published maps and institutional affiliations.

Rights and permissions

Open Access This article is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License, which permits use, sharing, adaptation, distribution and reproduction in any medium or format, as long as you give appropriate credit to the original author(s) and the source, provide a link to the Creative Commons licence, and indicate if changes were made. The images or other third party material in this article are included in the article's Creative Commons licence, unless indicated otherwise in a credit line to the material. If material is not included in the article's Creative Commons licence and your intended use is not permitted by statutory regulation or exceeds the permitted use, you will need to obtain permission directly from the copyright holder. To view a copy of this licence, visit https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.

PDF

Keywords

  • back pain
  • pregnancy
  • pregnancy exercise
  • Nyeri Punggung
  • Kehamilan
  • Senam Hamil

Author Information

Hellen Febriyanti

Universitas Aisyah pringsewu, Indonesia.

ORCID : https://orcid.org/0000-0001-9352-6316

Nila Qurniasih

Universitas Aisyah Pringsewu, Indonesia.

Inggit Primadevi

Universitas Aisyah Pringsewu, Indonesia.

Article History

Submitted : 25 June 2022
Revised : 19 August 2022
Published : 25 November 2022

How to Cite This

Febriyanti, H., Qurniasih, N., & Primadevi, I. (2022). Asuhan Kebidanan Berkelanjutan pada Ny. S, Ny.P, Ny.R di Wilayah Pagelaran Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu, Lampung. Journal of Current Health Sciences, 2(2), 47–50. https://doi.org/10.47679/jchs.202225

Crossmark and Dimension

Verify authenticity via CrossMark

template

Before Submission

Keywords

visitors

Journal Visitors

Flag Counter

View MyStat

View MyStat

Ceritificate-Accreditation

Certificate Accreditation